IMPACT
NEWS

Pulihkan Masa Depan: Forest Carbon Melanjutkan Kemitraan Dengan 1000 Days Fund Untuk Melawan Stunting di Sumatera Selatan.

Pulihkan Masa Depan: Forest Carbon Melanjutkan Kemitraan Dengan 1000 Days Fund Untuk Melawan Stunting di Sumatera Selatan.

Jakarta, 4 April 2022 – Forest Carbon telah memberikan dukungannya pada 1000 Days Fund untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak serta mencegah stunting pada anak. 1000 Days Fund adalah lembaga non-profit yang fokus memberikan pendidikan pencegahan stunting yang berkualitas di Daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T) di Indonesia. Forest Carbon adalah perusahaan restorasi hutan premium di Asia Tenggara yang memberikan manfaat bagi masyarakat lokal, keanekaragaman hayati, dan investor melalui model bisnis yang terbukti.

Satu dari tiga anak Indonesia menderita dampak buruk dari stunting yang sebenarnya dapat dicegah dalam 1000 hari pertama kehidupan. Perawatan kualitas 1000 hari pertama kehidupan ini dapat mudah diberikan oleh ibu, ayah, dan pengasuhnya jika mereka memiliki pengetahuan pencegahan yang baik.

Didirikan pada tahun 2019, misi 1000 Days Fund adalah untuk memberikan solusi nasional yang terukur untuk mencegah stunting dengan menyediakan akses informasi di rumah, dan pelatihan penting untuk sukarelawan kesehatan desa. Forest Carbon akan menyediakan USD 26.223 (Rp 376.766.819) pada tahun 2022 untuk 1000 Days Fund untuk mendukung masyarakat di sekitar Sumatera Merang Peatland Project untuk mencegah stunting, dengan mengerahkan petugas kesehatan terlatih ke daerah baru yang sebelumnya tidak terjangkau oleh sistem kesehatan.

“Fokus Sumatera Merang Peatland Project adalah memulihkan ekosistem lahan gambut kritis di Sumatera Selatan. Orang-orang juga bergantung pada daerah ini untuk makanan dan air bersih dan untuk melindungi hutan. Memastikan generasi penerus Indonesia dalam kesehatan yang baik juga merupakan bagian penting dari memastikan keharmonisan antara alam dan masyarakat. Di sinilah misi kami sejalan dengan 1000 Days Fund, di mana kami mendidik para ibu di wilayah proyek kami tentang cara mencegah stunting,” kata Mary Osmond, Direktur Konservasi Forest Carbon.

Proyek ini membantu memberikan manfaat langsung ke desa-desa sekitar dengan melatih hingga 12 petugas kesehatan desa dan kader posyandu sebagai kunci kesejahteraan dan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil.

Pada tahun 2022, Forest Carbon dan 1000 Days Fund berupaya untuk memperluas dampaknya dalam pencegahan stunting dengan mendukung penambahan klinik Posyandu dan menyediakan layanan kesehatan dasar bagi ibu hamil dan ibu dengan anak di bawah 5 tahun, serta konseling pencegahan stunting bagi penerima manfaat dalam 1000 hari pertama mereka. kehidupan–antara kehamilan ibu dan ulang tahun kedua anak.

Studi Status Gizi Indonesia tahun 2021 menunjukkan bahwa provinsi tempat Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, tempat proyek lahan gambut pertama Forest Carbon berada, mencapai 24,8 persen pada tahun 2021. Untuk mendukung strategi nasional pemerintah Indonesia dalam mengurangi stunting sebesar 14 persen pada tahun 2024, diperlukan lebih banyak upaya.

Jessica Arawinda, Ketua Yayasan Seribu Cita Bangsa (1000 Days Fund), menyatakan bahwa “Upaya bersama kami dengan Forest Carbon memungkinkan kami untuk menggunakan solusi yang inovatif, hemat biaya, dan terukur untuk stunting. Bersama-sama, kami memberikan peningkatan signifikan pada literasi kesehatan di kalangan masyar

akat. Menyediakan akses ke informasi penting seperti ini mengarahkan pengasuh pada pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih sehat. Kami berterima kasih atas kesempatan serta dukungannya. Kami bersemangat untuk kolaborasi kami yang terus berkembang.”

Proyek ini telah melihat lebih dari 150 Poster Pintar dipasang pada dua desa binaan Forest Carbon, dan peningkatan kapasitas kader posyandu menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang pencegahan stunting. Yang paling penting, pengasuh yang menerima konseling berbasis rumah dengan Poster Pintar yang dipasang di rumah mereka, lebih dari separuh tahu apa itu stunting, bahayanya, dan bisa menyebutkan setidaknya dua cara pencegahan. Sementara itu, semua pengasuh yang disurvei yang melaporkan tidak memiliki Poster Pintar di rumah mereka dan tidak menerima konseling di rumah tidak mengetahui apa itu stunting.

1000 Days Fund telah menerapkan perubahan sistem yang dapat mempertahankan upaya pencegahan stunting, seperti melatih petugas kesehatan dan melengkapi mereka dengan alat yang efisien dan hemat biaya seperti Poster Pintar dan Selimut Cerdas. 1000 Days Fund membangun empat Stunting Center of Excellence di Labuan Bajo, Rote Ndao, Timor Tengah Selatan, dan Kabupaten Kupang. Secara total, mereka telah melatih dan melengkapi lebih dari 5.200 petugas kesehatan masyarakat, mendistribusikan total 88.000 Poster Pintar, dan memperluas akses ke perawatan berkualitas untuk lebih dari 120.000 perempuan dan anak Indonesia.

RECENT POSTS
1000daysfund
1000 Days Week Ahead: Annual Report Launch, Meeting with President Elect Prabowo’s Team, Refining the Research Agenda
1000 Days Week Ahead: Annual Report Launch, Meeting with President Elect Prabowo’s Team, Refining the Research Agenda
03/05/2024
1000daysfund
Could a cutting-edge technology partnered with behavior change training help solve Indonesia’s stunting and malnutrition crisis?
Could a cutting-edge technology partnered with behavior change training help solve Indonesia’s stunting and malnutrition crisis?
18/03/2024
1000daysfund
Mama Rika: A Beacon of Community Empowerment and Gender Equality
Mama Rika: A Beacon of Community Empowerment and Gender Equality
15/03/2024
1000daysfund
Posyandu, the backbone of Indonesia’s village health care system, is broken.
Posyandu, the backbone of Indonesia’s village health care system, is broken.
11/01/2023